Saturday, March 20, 2010

Mengapa saat belajar, kita seringkali menggoyang-goyangkan kaki, menggambar, memutar pen, dan lain-lain

Bagi anda yang sulit berkonsentrasi iuntuk belajar, mungkin itu menjadi hal yang mengganggu. Karena sayapun seperti itu. Pernahkah waktu anda belajar, anda merasa bosan, lalu anda mulai memikirkan hal lain? pernahkah waktu diterangkan guru anda di sekolah waktu SMA anda malah menggambar-gambar? Pernahkah waktu anda mengerjakan tes, anda sesekali memutar pen anda?

Ya, hal itu memang wajar. Anda bukanlah anak yang pemalas. Sama sekali bukan. Anda hanya tidak tahu cara belajar yang sebenarnya.

pastinya anda mengerti tentang fungsi otak kiri dan otak kanan yang sangat berbeda bukan? fungsi otak kiri menangani hal-hal analitis seperti matematika, logika, perhitungan, sedangkan otak kanan menangani hal-hal yang berhubungan dengan imajinasi, seperti warna, ritme, abstrak.

Otak dapat bekerja optimal apabila kedua sisi otak tersebut (kiri dan kanan) seimbang. Tidak ada yang dominan.

Sedangkan waktu anda belajar matematika, atau fisika, anda menggunakan otak kiri anda dan hampir tidak menggunakan otak kanan anda. maka untuk mengoptimalkan kerja otak anda, anda secara tidak sadar membantu otak kanan anda untuk bekerja juga, yaitu dengan menggambar, mengulang lagu di pikiran anda, melamun dan memikirkan hal-hal lain.

itu sebabnya anda sulit sekali untuk berkonsentrasi penuh pada belajar anda.
berikut beberapa satu cara untuk membuat otak kanan dan otak kiri bekerja secara optimal saat belajar

  • Tulislah catatan dengan warna berbeda/dengan tulisan rapih. Anda tentu jika melihat catatan yang rapih dan teroganisir pasti merasakan nilai estetika (keindahan) yang akan berpengaruh ke otak kanan anda.
  • Buatlah Mind Mapping.
  • gunakan perumpamaan dalam menghafal, misalkan anda disuruh menghafal secara berurutan = patung, pisang, ensiklopedia, komputer, dan polisi. Jika anda menghafal dengan membacanya berulang-ulang, itu cara yang salah, caranya dengan membuat visual, audio, dan sentuhan di dalam otak kanan anda untuk menghafal. Pikirkan ada patung liberty (patung) yang sedang memegang obor pisang (pisang) di tangan kirinya, dan menenteng ensiklopedia (ensiklopedi) di tangan kanannya. Anda sedang bermain komputer (komputer) diatas kepala patung tersebut, lalu ada polisi (polisi) yang menegur anda. semakin aneh dan lucu, semakin mudah diingat
Sekian ;)

No comments:

Post a Comment