Monday, January 25, 2010

Tritone Paradox


Halo bloggers, Saya akan membahas misteri ilusi suara yang cukup menarik menurut saya, yaitu Tritone Paradox. Tritone Paradox adalah salah suatu ilusi suara yang aneh. Saya cukup tertarik dengan ilusi suara ini. Ilusi suara ini aneh dan tidak masuk akal bagi orang awam.

Mungkin anda belum mengetahui apa itu Tritone Paradox. Beberapa orang sudah mengetahuinya, dan masiih penasaran dengan ilusi suara itu.

Tritone Paradox adalah ilusi suara yang ditemukan oleh Diana Deutsch pada 1986. Anda akan mendengar sebuah nada yang berubah dari tinggi ke rendah, ataupun dari rendah ke tinggi. Anehnya, sebagian orang mendengarnya nada itu sebaliknya.

Maka, sebaiknya anda membahas blog ini berama-ramai agar anda dapat membandingkan nada apa yang anda dengar dengan teman-teman anda.

Nada inipun pernah dicap sebagai "Nada Setan" dan dilarang penggunaannya sampai era modern saat ini.
Ttapi, sekarang suara ini dapat dijelaskan secara ilmiah dan bukan suara mistis sama sekali.

Saya pun tidak percaya akan ilusi suara yang begitu aneh, maka, saya mulai mencari-cari Tritone Paradox dan suaranya.

Saya pun mendapatkan suara nada dari Tritone Paradox tersebut

http://extra.listverse.com/amazon/audioillusions/Tritone_paradox.mp3

Saya mendengar 2 nada yang berbeda-beda sebanyak 4 kali. dan nada yang saya dengar adalah
1. Rendah-Tinggi
2. Rendah-Tinggi
3. Rendah-Tinggi
4. Rendah-Tinggi

Semua nada yang saya dengar berpindah dari rendah ke tinggi.

Suatu hari, saya memanggil teman saya untuk medengarkan nada Tritone Paradox tersebut. Dan setelah teman saya mendengar nada tersebut, teman saya mendengar nada itu:

1. Rendah-Tinggi
2. Rendah-Tinggi
3. Rendah-Tinggi
4. Tinggi-Rendah

Betapa kagetnya saya mendengar pernyataan teman saya. Teman saya pun tidak percaya bahwa saya mendengar nadanya dengan berbeda.

Lalu sayapun memanggil saudara saya, lalu setelah mendengar nada tersebut, saudara saya mendengar nada:

1. Tinggi-Rendah
2. Tinggi-Rendah
3. Tinggi-Rendah
4. Rendah-Tinggi

Amazing!!! Ternyata nada ini benar-benar berbeda di tiap orang-orang. Saya menyarankan agar anda mendownload nada ini dan mendengarkannya bersama-sama dengan kelompok teman anda dan membandingkan hasil-hasil suara yang didengar.

link download: http://www.indowebster.com/Tritone_Paradox_Sample.html

No comments:

Post a Comment